Makna Warna Logo Dalam Bisnis

Tahukah kamu bahwa warna mempunyai arti yang penting bagi bisnis? Hal ini karena warna menentukan bagaimana brand kamu dilihat apalagi buat kamu para pengusaha yang sedang membangun profil bisnis online. Desain logo bisnis online baik pada website maupun media sosial menjadi sangat penting di era digitalisasi seperti sekarang. Nah, sebenarnya warna dominan apa sih yang cocok buat bisnis kamu? Berikut ini adalah 4 warna dominan biru, merah, putih, dan hitam beserta maknanya.

Warna Biru dalam Bisnis

Dalam dunia psikologi, warna biru biasanya melambangkan laut dan langit. Stabilitas, harmoni, kedamaian, dan kepercayaan adalah beberapa perasaan yang biasanya orang rasakan ketika mempertimbangkan warna biru untuk bisnis atau brand kamu. Oleh karena itu, warna biru biasanya digunakan untuk logo pada sebuah website bisnis termasuk menu atau nagivasinya seperti elemen situs yang terkait dengan dengan sertifikasi terpercaya, jaminan, free ongkir untuk lebih memperkuat kepercayaan pada brand. Bahkan di Indonesia, warna biru banyak digunakan oleh bank-bank besar seperti Bank Mandiri, BCA, BRI, dan masih banyak yang lain. 

Bukan hanya sektor perbankan yang menjadikan biru menjadi warna favorit mereka, tetapi juga perusahaan-perusahaan raksasa teknologi seperti Facebook, Twitter, dan Skype juga menjadikan biru sebagai warna identitas dan pemasaran mereka. Warna biru juga membawa arti yang negatif seperti depresi dan rasa dingin.

Warna Merah dalam Bisnis

Warna yang satu ini dapat dikaitkan dengan kegembiraan, antusiasme, energi, dan tindakan. Kamu mungkin pernah menyadari bahwa beberapa website e-commerce menggunakan warna merah pada tombol ‘order now’ atau tombol ‘call-to-action’ lainnya sebagai cara efektif untuk mendapatkan highlight dari pelanggan mereka. Dalam studi warna, merah juga disebut-sebut sebagai warna yang paling kuat secara emosional.

Warna merah sudah banyak digunakan oleh beberapa brand besar seperti Coca Cola dan YouTube. Pada Coca Cola merah cenderung digunakan untuk membangkitkan nafsu makan karenanya sering menggunakannya dalam brand dan kampanye mereka. Sedangkan YouTube menggunakan warna merah untuk menimbulkan hasrat untuk menonton video secara online di platformnya. Kamu juga pasti notice jika logo YouTube menggambarkan tombol Play yang mendorong seseorang untuk melakukan aksi atau tindakan.

Warna Hitam dalam Bisnis

Hitam merupakan warna yang populer di sektor retail. Dalam studi warna, hitam dapat diartikan sebagai simbol misteri, kekuasaan, keanggunan, dan juga kecanggihan. Dalam arti yang berlawanan, warna hitam cenderung dihubungkan pada emosi negatif seperti kesedihan dan amarah.

Berbicara tenang tampilan website brand produk-produk retail seperti Chanel dan Nike yang secara dominan menggunakan warna hitam untuk mempertahankan tampilan yang elegan dan konsisten. Hal tersebut terlihat saat kamu mengunjungi halaman website keduanya seperti font, navigasi latar, bahkan hingga tombol ‘call-to-action’. Warna hitam sangat umum dipasangkan dengan warna putih yang mengindikasikan simplisitas pada logo maupun kemudahan pembacaan pada tulisan.

Miskonsepsi dalam Studi Warna

Meskipun studi tentang warna dalam bisnis sudah lama dianalisa bertahun-tahun lalu, masih banyak debat terhadap bagaimana pengaruh warna pada psikologis manusia. Yang menjadi pertanyaan adalah: kenapa ada miskonsepsi terhadap makna warna beserta artinya? Salah satu penyebabnya adalah karena ketika kita berbicara tentang studi warna, terdapat banyak variabel yang terlibat. Ada kemungkinan bahwa orang yang berbeda akan mempersepsikan warna yang berbeda pula. Hal ini bergantung pada preferensi pribadi, pengalaman masa lalu, perbedaan budaya, perbedaan jenis kelamin, dan lainnya.

Kesimpulan

Nah, sekarang kamu mulai paham kan tentang studi warna dan makna umum dari tiap warna. Sekarang saatnya kamu dapat mengaplikasikannya untuk keperluan bisnis online kamu. Tersedia banyak alat pembuat logo online di internet yang bisa kamu manfaatkan. Perlu diingat ya, memang banyak warna tertentu identiknya digunakan oleh sektor tertentu seperti biru untuk perbankan ataupun merah untuk makanan, namun kamu tidak harus mengikuti tren yang sudah ada. Semua tergantung pada preferensi masing-masing. Jadi, apa warna favorit buat bisnis kamu? Yuk kunjungi AkuPaham untuk info bermanfaat lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *